oleh

Mahasiswa IPB Melakukan Perubahan Bagi Generasi dari Daerah 3T melalui Program PKM Bidang PM

KAPERNEWS.COM, BOGOR – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor Melakukan Perubahan Bagi Generasi dari Daerah 3T Melalui Program PKM Bidang PM

Kabar Bogor Terkini datang dari 5 Mahasiswa IPB yakni Perdiansyah (ketua tim), Bintang, Raden, Fauzi, dan Rifdah. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PM) yang mereka ikut saat ini (23/06/2024), dengan sinergi dan tekad yang kuat, bersama mereka melahirkan LIVELET (Leadership Adventure Pamflet)

LIVELET adalah program penguatan jiwa kepemimpinan anak 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal) melalui hasta brata berbasis participatory learning action sebagai katalisator perubahan daerah 3T. Mereka mengabdi di yayasan Tangan Pengharapan yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Yayasan Tangan Pengharapan bergerak untuk membangun wilayah 3T dengan berbagai program mulai dari pendidikan, sosial, kesehatan, dan lain-lain. LIVELET bergerak untuk menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan melalui anak-anak yang berasal dari 3T.

Dilansir dari laman instagram mereka @LIVELET.id, LIVELET bersama dengan sekitar 20 sasaran dari YTP melakukan kegiatan yang begitu proaktif. Tidak hanya semangat dari tim LIVELET yang berkobar untuk melahirkan pemimpin, namun anak-anak YTP yang dibina pun memiliki semangat yang sama. Hal itu dibuktikan melalui partisipasi mereka dalam setiap program.

Program seperti ini tentu sangatlah baik untuk terus dilanjutnkan. Sebagaimana Indonesia masih dominan berasal dari keluarga-keluarga dengan perekonomian menengah ke bawah. Untuk mencapai generasi emas 2045, tentu Indonesia tidak bisa mengharapkan dari sekian kecil persen orang-orang emas saja. Namun, perlu untuk memanfaatkan setiap orang, setiap generasi, bahkan bagi mereka yang berasal dari perekonomian yang menengah ke bawah.

“Lebih banyak orang yang digerakkan, lebih banyak dampak yang diciptakan,” ujar Fauzi, salah satu anggota tim LIVELET.

Penulis: Bintang Yolanda S. Simanjuntak (LIVELET.ID)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed