oleh

Tim KKNT Inovasi IPB 2024 Gelar Lokakarya 1 di Desa Jeblogan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri

KAPERNEWS.COM, WONOGIRI – Desa Jeblogan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu lokasi pengabdian dan belajar bersama masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB Tahun 2024. Program ini secara resmi dimulai dengan diadakannya Lokakarya 1 yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2024.

Lokakarya 1 ini dilaksanakan dengan tujuan mempresentasikan program kerja yang akan dilakukan selama masa KKN di Desa Jeblogan. Tema besar yang diusung oleh tim KKN IPB Jeblogan pada tahun ini adalah “Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Penyuluhan Masyarakat dalam Aspek Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Peternakan”.

Tema besar yang dicanangkan dibagi ke dalam ke beberapa program kerja, yaitu: PeDes (Pemetaan Wilayah Desa Jeblogan); SEGAR (Sehat, Gizi, dan Reproduksi Remaja); PRODUKTIF (Program Edukasi dan Perawatan Ternak Intensif dan Efektif); ProDEMIL (Program Edukasi dan Demostrasi Pembuatan Mineral Blok untuk Kesehatan Ternak); CERMAT (Cerdas Mengelola Anggaran dan Tabungan); dan JEBER (Jeblogan Cerdas dan Berkarakter).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Kepala Dusun, Ketua RT dan RW serta Pengurus PKK Desa Jeblogan dengan total peserta berjumlah 40 orang. Acara diawali dengan sambutan dari Koordinator Desa Jeblogan selaku ketua tim KKNT Inovasi IPB Jeblogan, kemudian sambutan dari Dr. Ratri Virianita, S.Sos, M.S. selaku dosen pembimbing lapang. Disambung dengan sambutan dan pengarahan dari Bambang Purwanto selaku Kepala Desa Jeblogan. Setelah itu masuk ke inti acara yakni pemaparan program kerja oleh tim KKNT Inovasi IPB Jeblogan.

Peserta yang menghadiri lokakarya merespon positif serangkaian program kerja yang dibawakan. Selain itu, peserta juga secara aktif bertanya terkait keilmuan yang dimiliki oleh mahasiswa tim KKNT Inovasi IPB.

Program kerja yang disampaikan pada lokakarya kali ini diharapkan mampu menjadi angin segar untuk menguraikan permasalahan yang ada di Desa Jeblogan. Program KKNT inovasi IPB sudah lama dinilai baik oleh masyarakat luas, harapannya dengan terselenggaranya Lokakarya 1 ini dapat meningkatkan sinergitas antara mahasiswa dan masyarakat Desa Jeblogan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed