oleh

Mahasiswa IPB University Laksanakan Lokakarya 1 KKN-T Inovasi Tahun 2024 di Desa Temboro

KAPERNEWS.COM, WONOGIRI – Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University yang bertugas di Desa Temboro Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri telah menyelenggarakan Lokakarya 1 di Balai Desa Temboro. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 1 Juli 2024 dengan dihadiri oleh seluruh perangkat Desa Temboro.

Tujuan utama dilaksanakannya Lokakarya 1 di Desa Temboro adalah untuk memperkenalkan program-program yang akan dilaksanakan kepada masyarakat Desa Temboro. Program-program yang dipaparkan adalah program yang sudah dirancang oleh mahasiswa KKN-T Inovasi IPB berdasarkan permasalahan desa dan disusun berdasarkan hasil observasi langsung ke lapangan.

Acara Lokakarya 1 dilaksanakan dengan hikmat dan penuh antusiasme. Kegiatan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Dosen Pembimbing Lapang Dr. Ratri Virianita, S.Sos.,M.Si, Kepala Desa Temboro Sriyanto, serta Koordinator Desa. Kemudian, masuk ke acara inti yaitu pemaparan program-program KKN-T Inovasi Tahun 2024 oleh Tim KKN Wonogiri Desa Temboro.

Dalam kegiatan lokakarya 1 ini program kerja yang telah disusun tersebut dipaparkan oleh Muhammad Rizky Pujangga selaku Koordinator Desa Temboro. Program kerja ini berfokus pada bidang pertanian, peternakan, pendidikan, kesehatan, dan UMKM. Sasaran peserta yang dituju dalam program kerja adalah masyarakat, Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kelompok Tani (Poktan), Kelompok Wanita Tani (KWT), Kelompok Posyandu Remaja, siswa sekolah dasar (SD), siswa sekolah menengah pertama (SMP), dan pemilik UMKM di Desa Temboro.

Tema yang diusung oleh tim KKN-T Inovasi IPB di Desa Temboro adalah “Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Potensi Sumberdaya Desa Temboro”. Melalui tema tersebut program utama yang dibawakan meliputi kegiatan sosialisasi pencegahan stunting, sosialisasi PHBS di sekolah dasar, pembuatan fermentasi silase pakan ternak, pembuatan pupuk organik cair, hingga pembuatan website sistem informasi Desa Temboro.

Setelah pemaparan program kerja disampaikan oleh Koordinator Desa, seluruh peserta forum antusias untuk memberikan saran dan masukannya kepada mahasiswa mengenai program-program yang akan dilaksanakan. Salah satunya adalah skema distribusi Pemberian Makanan Tambahan di Desa Temboro dalam rangka penurunan angka stunting. Saran tersebut diterima dengan baik dan ditindaklanjuti oleh mahasiswa KKN-T Inovasi IPB.

Kepala Desa Temboro, Sriyanto menyampaikan pesan kepada mahasiswa agar selalu bersemangat dalam menjalankan program-program yang ada untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di Desa Temboro. Beliau juga berharap program kerja yang sudah dirancang dengan demikian bisa berjalan baik, lancar, dan bisa berkelanjutan untuk seluruh masyarakat Desa Temboro.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed