oleh

Mahasiswa KKN-T IPB Beberkan Program kerja saat Lokakarya di Desa Jatipurwo

WONOGIRI, KAPERNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IPB University telah mengadakan Lokakarya 1 di Balai Desa Jatipurwo, Kabupaten Wonogiri pada Senin, 1 Juli 2024. Kegiatan tersebut mengundang Kepala Desa Jatipurwo Sukiyo beserta jajarannya, Kepala Dusun, Ketua RT/RW, Kader Posyandu, Ibu-Ibu PKK, serta Karang Taruna.

Lokakarya 1 merupakan kegiatan sosialisasi program kerja mahasiswa kepada masyarakat Desa Jatipurwo. Tujuannya adalah untuk mengenalkan program kerja yang akan dilaksanakan selama masa KKN-T serta menjadi ajang perkenalan antara mahasiswa IPB University dan masyarakat Desa Jatipurwo.

Dalam rangka meningkatkan kemandirian pangan dan kesehatan masyarakat di Desa Jatipurwo, Mahasiswa KKN IPB membuat lokakarya dengan tema “Menuju Kemandirian Pangan dan Generasi Sehat melalui Inovasi Pertanian dan Pemberdayaan Masyarakat”. Adapun tujuan dari dilakukannya lokakarya ini selain dari merespon permasalahan yang ada adalah untuk mengedukasi dan memberdayakan masyarakat melalui berbagai program kerja inovatif.

Adapun program kerja yang diusung untuk membangun desa Jatipurwo adalah

  1. RENTING (Remaja Anti Stunting)
  2. PENTING (Penggak Stunting)
  3. BIJAK (Bimbingan Integratif Jaga Anak Kreatif)
  4. NGATUR (Pekarangan Vertikultur)
  5. JALINGAN (Jatipurwo Eling Lingkungan)

Dengan terselenggaranya Lokakarya 1 ini, diharapkan masyarakat Desa Jatipurwo dapat semakin memahami pentingnya kemandirian pangan dan kesehatan melalui inovasi pertanian dan pemberdayaan masyarakat. Antusiasme peserta yang hadir menunjukkan dukungan penuh terhadap program kerja yang telah direncanakan oleh Mahasiswa KKN IPB University.

Dengan sinergi antara mahasiswa dan masyarakat, diharapkan berbagai inovasi dan program kerja yang dilaksanakan dapat meningkatkan kualitas hidup serta kemandirian masyarakat Desa Jatipurwo. Keberhasilan lokakarya ini menjadi langkah awal yang baik menuju pembangunan desa yang lebih sejahtera dan mandiri.

Mahasiswa KKN IPB University berharap bahwa kegiatan ini akan terus mendapat dukungan dari berbagai pihak sehingga tujuan dari program kerja dapat tercapai dengan optimal. Semangat kebersamaan dan kolaborasi ini diharapkan terus terjaga hingga akhir masa KKN, dan bahkan dapat berlanjut untuk masa yang akan datang demi kemajuan Desa Jatipurwo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed